Tips Pemberian Nama Bayi

Tips pemberian nama bayi
Tips pemberian Nama Bayi ataupun memilih nama-nama bayi, yang dimana nama seorang bayi kadang merupakan doa dan harapan dari orang tua ketika saat memebrikan nama kepada anaknya tersebut kelak untuk menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat. Nama bayi tidak hanya merupakan nama berdasarkan ras atau tempat suatu negeri, melainkan untuk pemberian sebuah nama terhadap bayi atau seorang anak yang baru lahir, terdapat banyak pilihan atau jenis nama bayi,

Jikalau mengingat kembali kehidupan suatu daerah khusunya Indonesia pada jaman dulu, salah satu conto bagi yang beragama islam tentu memberikan nama bayinya dengan bernafaskan islam, yang sekarang ini lebih di kenal dengan sebutan nama bayi islami, bagi yang beragama lain tentu juga memilih nama seorang bayi berdasarkan adat ataupun kepercayaannya masing-masing. Berikut ini beberapa tips dalam memberi nama bayi.

Menentukan Tema

Tahap pertama sebelum memulai pencarian serta makna kata untuk bayi. Hal yang harus dilakukan adalah dengan terlebih dahulu merumuskan bersama dengan orang yang dekat dengan Anda seperti istri atau suami.

Konsep penamaan bayi Anda apakah bernuansa barat, islami atau pun tradisional. Namun, sebagaian orang tua melakukan kombinasi diantaranya, hal ini tidak menjadi soal asalkan konsisten dan bermakna positif.

Faktor Keindahan/Estetika

Tahap kedua yang harus diperhatikan ketika menentukan nama bayi adalah terdengar indah. Nama seorang bayi seharusnya tidak hanya bagus dalam arti, namun sebaiknya bagus pula apabila diperdengarkan. Akan tetapi hal yang sebaliknya juga sebaiknya jangan terjadi, yaitu bagus diperdengarkan namun mengandung arti yang kurang tepat maknanya.

Alangkah baiknya memberikan nama seorang bayi dengan nama yang indah didengar serta memiliki makna atau arti yang baik, sehingga dapat tercermin dalam tingkah lakunya sehari-hari.

Mempunyai Arti/Makna Positif

Hal lain yang harus diperhatikan untuk menamakan seorang bayi yaitu nama yang akan diberikan mengandung arti positif. Selain terdengar indah, seperti disebutkan di atas bahwa nama anak merupakan doa, untuk itu sebaiknya nama anak memiliki arti yang positif dilihat dari berbagai sudut pandang dan tidak memiliki dualisme makna.

Makna-makna yang terkandung di dalamnya ini membuat sebuah perpaduan yang serasi dengan sikap serta tingkah lakunya nanti ketika bayi tersebut mulai beranjak dewasa menjadi orang yang berguna untuk orang-orang di sekitarnya.

Selain itu apabila arti dari nama yang diberikan mengandung hal-hal yang buruk tentunya akan menimbulkan dampak psikologis bagi bayi yang bersangkutan, karena ia nantinya ketika sudah beranjak dewasa akan menimbulkan perasaan tidak nyaman ketika ia dipanggil dengan nama itu.

Mudah Diucapkan

Selain memiliki makna yang bagus, dalam menentukan nama seorang bayi seharusnya mudah untuk diucapkan baik oleh dirinya sendiri nantinya maupun oleh orang lain ketika hendak memanggil namanya.

Hal ini tentunya sangat membuat kesan yang baik, karena disamping memiliki makna yang positif, terdengar indah namun juga mudah untuk diucapkan sehingga mudah untuk dihafal serta dikenang oleh orang yang hendak memanggilnya. Kondisi ini juga akan berdampak pada pertumbuhan psikologis seorang bayi nantinya ketika beranjak menjadi dewasa.

Kemudian hal yang harus diperhatikan yaitu mudah dipanggil oleh orang lainnya. Mudah tidaknya memanggil nama bayi/anak Anda berhubungan dengan pemenggalan suku kata nama tersebut.

Jika tidak mungkin memenggalnya tetapi Anda sudah terlanjur suka dengan nama tersebut maka carilah kata penggilan sayang yang mewakili nama bayi atau anak, sehingga baik dirinya maupun orang lain dapat mengingat nama yang biasa menjadi panggilannya tersebut.

Dalam membuat nama panggilan ini juga seharusnya diperhatikan, jangan sampai nama panggilan ini justru membuatnya merasa dikucilkan karena nama panggilan yang diberikan padanya justru menjelek-jelekan kekurangan yang ia miliki. Dan pada akhinya nanti akan memberikan sebuah tekanan batin di dalam bayi yang akan beranjak menjadi dewasa itu nantinya.

Sesuai Dengan Jenis Kelamin

Selanjutnya penamaan seorang bayi alangkah baiknya apabila para orang tua memberikan nama sesuai dengan jenis kelamin dari bayi tersebut. Nama yang baik ini merupakan nama yang dapat mencerminkan jenis kelamin dari bayi atau anak yang bersangkutan.

Sebaiknya hindarkan pemberian nama-nama yang berlawanan dengan jenis kelamin yang dimiliki oleh bayi apalagi memiliki sebuah makna yang ambigu sehingga sulit untuk dibedakan, karena hal ini seringkali dapat membuat si bayi menjadi bahan ejekan teman-temannya.

Jangan Memberi Nama Yang Terlalu Panjang

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika memberikan nama untuk bayi adalah jangan terlalu panjang pemberian namanya serta hindari pemberian nama yang bukan sewajarnya. Penyusunan rangkaian kata hendaknya tidak terlalu panjang, sehingga anak pada nantinya tidak sulit dalam menuliskan namanya.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas si bayi diharapkan dapat mempunyai sikap yang sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya.

Itulah beberapa tips kabar berita untuk pemberian nama bayi untuk bayi baru lahir kesayangan dan harapan Anda, semoga Artikel di atas ada manfaatnya.

0 comments:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Kabar Berita All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.